Apa itu Akuntansi

Hmmm..... Gimana klo sekarang ane bahas masalah akuntansi dikit...ya gimana pun, ane pernah kuliah akuntansi selama 3 semester, tapi di DO gan....he,,he,,, :P tapi setidaknya ane di DO bukan karena bodoh, atau ga ngerti sama mata kuliah - mata kuliah yang ada di program studi akuntansi. Ya sudah lah, ga perlu dibahas masalah ane, ga penting. yang penting mari kita belajar akuntansi (lagi) sama-sama.
Tuk artikel pertama nech... mari kita pelajari dasar akuntansinya aja dulu ya, ntar klo kita udah ngerti apa itu akuntansi baru kita belajar yang lainnya. ane akan tambah artikel tentang akuntansi lagi ntar, seperti menyusun laporan keuangan bahkan membuat aplikasi laporan keuangan dengan Excel dan VB. Memang sih, untuk aplikasi akuntansi sekarang udah banyak banget, contoh yang paling tenar di Indonesia MYOB dan Software Laporan Keuangan Zahir, tapi jika kita buat sendiri kan lebih bangga rasanya... hahahahaaa...!! Ok lets start..

Akuntansi adalah kata yang sering dikonotasikan dengan hal yang berbau angka, susah, rumit dan detil. Akuntansi kerap juga dicampuradukan dengan tata buku atau pembukuan. Definisi akuntansi itu sendiri sederhananya yaitu suatu sistem untuk mengumpulkan dan memproses, termasuk melakukan analisa, mengukur, dan mencatat semua data-data keuangan atau transaksi keuangan yang tersedia dalam suatu organisasi dan melaporkan hasil proses tersebut kepada pengambil keputusan.

Akuntansi menghasilkan apa?

Pertama-tama kita akan membahasa mengenai apa yang dihasilkan oleh akuntansi, secara singakat, akuntansi menghasilkan informasi keuangan. Informasi keuangan tersebut dijabarkan dalam suatu format atau bentuk tertentu yang kemudian dikenal dengan laporan keuangan. Untuk mendukung pembaca laporan keuangan memahami apa yang tercantum di sana dibutuhkan suatu pedoman. Pedoman ini berguna agar penyajian informasi seragam dan konsisiten. Pedoman ini dikeluarkan oleh suatu badan pengatur yang disepakati oleh mereka yang berada di dunia akuntansi. Di Indonesia badan tersebut adalah Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

0 Komentar:

Post a Comment