Vizologika Pentingnya Kewirausahaan

Perkembangan ekonomi di era globalisasi saat ini merupakan satu dari sekian banyak topik pembicaraan bagi seluruh kalangan masyarakat. Di satu sisi, era globalisasi berdampak positif dengan terbukanya kesempatan atau peluang-peluang bagi pertumbuhan ekonomi baru yang lebih baik. Akan tetapi disisi yang lain pengaruh globalisasi dirasakan sangat menekan psikologis sebagian kalangan, terlebih pada dampak persaingan yang mana di era globalisasi ini persaingan tersebuh semakin kompetitif.
Di Indonesia, dampak perkembangan ekonomi yang pesat tidak disertai dengan terciptanya lapangan kerja yang luas. Hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya pengangguran yang terdapat di negara kita ini. Bagi para mahasiswa khususnya, di satu sisi sangat merasa bahwa lapangan pekerjaan yang tersedia sekarang tidak sesuai dengan ilmu yang ada pada mereka. Sedangkan disisi lain, lapangan kerja yang  sesuai dengan ilmu yang ada pada mereka saat ini sudah sangat kompetitif.

Oleh karena itulah dibutuhkan satu solusi untuk dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk dapat menampung ribuan mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya dimana jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya. Penciptaan langan kerja ini akan sangat membantu para mahasiswa untuk dapat mengimplementasikan segala hal yang telah dia peroleh dari bangku belajarnya selama ini.

Dikarenakan perusahaan-perusahaan yang ada, baik di daerah maupun di seluruh Indonesia bahkan pemerintah tidak mungkin dapat menampung sedemikian banyaknya para pencari kerja, maka kewirausahaan merupakan salah satu alternatif terbaik yang ada saat ini. Selain bisa membuat seseorang belajar mandiri dengan membuka dan memenej sebuah usaha, kewirausahaan juga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain.

Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.

Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik gagal setelah mencoba tetapi dari pada gagal untuk mencoba.

0 Komentar:

Post a Comment